Saturday 14 November 2015

Apa Itu IP Address?

Hasil gambar untuk ip address   Internet sebagai sebuah “interconnected network” merupakan jaringan komputer yang sangat luas, terdiri atas gabungan jaringan komputer di seluruh dunia mulai  dari jaringan komputer milik pemerintahan, akademis, public sampai jaringan komputer pribadi. Untuk terhubung ke internet kita harus mendaftar ke ISP (Internet Service Provider).

    Agar seluruh komputer (host) yang terhubung ke internet dapat berkomunikasi, dibuatlah sebuah protocol (rule atau “aturan main”) standar  yang mengatur komunikasi data tersebut. Adalah TCP/IP yang menjadi protocol resmi untuk aplikasi internet sejak tahun 1983 hingga sekarang  (silahkan googling tentang “sejarah internet”)

   Dalam Protocol TCP/IP tersebut, setiap host yang terhubung ke internet harus memiliki IP Address sebagai alat pengenal host pada network. IP Address tersebut haruslah bersifat unik, tidak boleh ada satu IP Address yang sama dipakai oleh dua host yang berbeda. Sebagai contoh situs Microsoft.com memiliki IP Address 207.46.250.119. Penggunaan IP Adress diseluruh dunia dikoordinasikan oleh lembaga sentral internet yang dikenal dengan IANA (Internet Asigned Number Authority).

    IP Address (Internet Protocol Address ) merupakan sebuah alamat komputer yang unik pada jaringan internet atau komputer. IP Address ini jika di dunia nyata adalah alamat rumah kita yang mempunyai no rumah, kemudian ada kode pos untuk membedakan daerah, kemudian ada informasi wilayah juga (negara mana, provinsi mana, kota mana).
---Selamat Membaca dan Semoga Mengerti---
Thanks to :

Kode Smiley Untuk Komentar


:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t  

No comments:

Post a Comment

*Berilah Komentar/ Saran Yang Bersifat Membangun/ Memotivasi.
*Silakan Copas Dengan Syarat Cantumkan Sumber.