Saturday 14 November 2015

Apa Itu WWW?


   Hasil gambar untuk www WWW (World Wide Web) adalah ruang informasi global yang menyebabkan seluruh orang di dunia dapat melakukan pertukaran informasi melalui halaman web. Kadang kala, beberapa orang mengatakan bahwa WWW merupakan internet itu sendiri, hal ini merupakan kesalahan, karena WWW hanya merupakan salah satu layanan dari internet. Sama seperti layanan lainnya seperti: email, instant messaging dan lain sebagainya.

    Di dunia WWW, perangkat lunak pengakses halaman web dinamakan browser. Browser mengambil kode HTML dari penyedia halaman web kemudian menampilkannya kepada pengakses halaman web tersebut. WWW merupakan kumpulan dari halaman halaman web di seluruh dunia.

Cara kerja WWW adalah:
  • Ketika pengguna hendak mengakses halaman web atau resource lainnya di www, maka mereka harus membuka browser terlebih dahulu dan kemudian mengetikkan alamat URL.
  • Kemudian mesin WWW bekerja dan mengubah nama URL tersebut ke dalam alamat IP dengan bantuan Domain Name System (DNS).
  • Langkah selanjutnya adalah dilakukan nya permintaan HTTP (Http Request) kepada penyedia layanan Web dengan alamat IP diatas. Dalam kasus halaman HTML sederhana dan berukuran kecil, di mana isinya hanya berupa teks dan gambar maka kejadian ini berlangsung secara cepat. Setelah kode HTML diterima oleh komputer local, baru halaman HTML tersebut ditampilkan oleh Browser.
    WWW ditemukan kali pertama Tim Banners Lee ketika mengerjakan proyek Enquire. Projek ini memang tidak sama persis seperti halaman web yang saat ini anda gunakan, tetapi merupakan cikal bakal halaman web modern. Di bulan Desember 1990, Tim Banners Lee telah menyiapkan semua infrastruktur yang diperlukan untuk launching internet. 

   Lalu pada tanggal 6 agustus 1991, dimulailah debut pertama WWW muncul di dunia dan dapat diakses secara public ketika Benners Lee melakukan posting hasil pekerjaan nya ke News Group. WWW akhirnya menjadi banyak digunakan orang ketika dirilisnya browser pengakses halaman WEB bernama Mosaic di Tahun 1933 oleh National Center for Super-Computing Application oleh Marc Andreesen. Antarmuka Mosaic yang berbasis grafis membuat penerimaan teknologi WWW oleh masyarakat semakin cepat setelah sebelumnya public hanya disuguhi browser berbasis Text seperti Lynx.

---Selamat Membaca dan Semoga Mengerti---

Thanks to :
   http://kamusinformasiteknologi.blogspot.co.id

Kode Smiley Untuk Komentar


:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t  

No comments:

Post a Comment

*Berilah Komentar/ Saran Yang Bersifat Membangun/ Memotivasi.
*Silakan Copas Dengan Syarat Cantumkan Sumber.