Monday 16 November 2015

Apa Itu Malware?

Hasil gambar untuk malware

   Malware (Malicious Software) adalah program/ software jahat yang dibuat dengan tujuan tertentu oleh si pembuat yang dapat mengakibatkan kerugian pada korban yang menjadi sasaran. Malware merupakan software atau program yang dibuat untuk menyusup, merusak, dan mencuri secara diam-diam.

   Banyak orang awam yang menyebut bahwa malware itu virus, padahal itu berbeda. Malware merupakan nama kelompok yang tentunya kelompok tersebut mempunyai banyak jenis, sedangkan virus merupakan sebuah identitas atau nama - nama diri, virus merupakan anggota dari malware itu sendiri. Berkut ini adalah macam - macam malware :

VIRUS
Hasil gambar untuk infeksi virus komputer
   Virus adalah jenis malware yang diciptakan untuk tujuan merusak file, merubah file, menghapus file, menggandakan diri, dan merusak sistim operasi.

   Virus akan sangat pintar untuk masuk ke sistem korban, yaitu dengan cara menyusup ke berbagai file yang tidak mencurigakan, kemudian ketika pengguna membuka atau mengaktifkan file tersebut saat itulah virus akan mengaktifkan diri dan melakukan aksinya untuk menginfeksi komputer korban.

WORM
Hasil gambar untuk worm computer   Worm (Cacing) merupakan program yang memiliki kemampuan untuk menggandakan diri di komputer korban dan hidup disemua drive yang terhubung dengan komputer tersebut. Worm bisa bekerja tanpa bantuan  pihak ketiga atau pengguna komputer tersebut.








SPYWARE
Hasil gambar untuk spyware computer   Spyware merupakan program mata - mata untuk mengetahui aktivitas korban pengguna komputer, lalu spyware akan mengirimkan informasi yang didapatkannya ke pembuat spyware.









ADWARE
Hasil gambar untuk adware computer    Adware adalah program berbentuk iklan, biasanya adware tersebut akan berpura - pura menemukan virus berbahaya dalam komputer korban dan akan memunculakan iklan untuk menyarankan korban membeli produk yang telah dibuat baik berupa anti virus ataupun produk lainnya.





TROJAN
Hasil gambar untuk trojan computer   Trojan (Kuda Troya) adalah program yang secara diam - diam menyusup ke dalam komputer korban, trojan dapat berisi program lain seperti virus, adware, spyware, keylogger dan malware jenis lainnya untuk masuk dan merusak sistem. Dengan trojan memungkinkan pelaku dapat mengontrol komputer korban dan mencuri informasi seperti password dan nomor kartu kredit kalian.






KEYLOGGER

Hasil gambar untuk keylogger computer   Keylogger adalah program yang dapat memantau dan merekam penekanan tombol pada keyboard korban, sehingga pembuat keylogger tersebut dapat mengetahui informasi penting seperti password dan informasi apapun yang diketik.






ROOTKIT
Hasil gambar untuk ROOTKIT computer   Rootkit adalah program yang menyusup ke sistim komputer, bersembunyi dengan cara menyamar sebagai bagian dari sistem misalnya menempel pada patch, keygen, crack dan lainnya. Lalu kemudian mengambil alih untuk memantau kerja sistem yang disusupinya. Rootkit juga dapat mencuri data, melakukan keylogging, mencuri cookies akun bank dan lain-lain.



PHISHING
Hasil gambar untuk Phishing computer   Phising (Memancing) adalah salah satu bentuk penipuan untuk memperoleh informasi pribadi pengguna komputer seperti user id, password, ATM, kartu kredit dan sebagainya. Phising banyak ditemui di internet seperti penipuan dengan cara membuat alamat website palsu dan alamat email palsu.






BROWSER HIJACKER
Hasil gambar untuk BROWSER HIJACKER   Browser Hijacker dirancang untuk mengarahkan browser yang seharusnya menampilkan situs yang sesuai dengan alamat yang dimasukkan ke situs lain. Browser Hijacker juga mampu menambahakan bookmark, mengganti homepage, serta mengubah pengaturan browser, tentu hal ini dirancang untuk berbagai tujuan tertentu oleh pembuatnya.






BACKDOOR
Hasil gambar untuk backdoor   Backdoor (Jalan pintas atau pintu belakang) adalah jenis malware yang berusaha untuk masuk ke dalam sistim untuk mengakses sumberdaya serta file tanpa melalui atau melewati proses autentikasi normal atau biasa dikenal dengan login. Masuknya program backdoor seringkali disisipkan melalui trojan dan worm.




* Untuk melindungi komputer dari serangan malware sebaiknya kalian menggunakan perlindungan seperti mengaktifkan firewall komputer, menggunakan proxy, anti malware, anti virus dan lain sebagainya.

Thanks to :
    http://www.patartambunan.com

Kode Smiley Untuk Komentar


:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t  

No comments:

Post a Comment

*Berilah Komentar/ Saran Yang Bersifat Membangun/ Memotivasi.
*Silakan Copas Dengan Syarat Cantumkan Sumber.